Memecahkan Masalah Kebersihan Barang Kulit

Memecahkan Masalah Kebersihan Barang Kulit

Jasa Poles Marmer Jakarta – Salah satu bahan dasar pembuat berbagai macam barang seperti jaket, tas, sepatu dan ikat pinggang yaitu kulit. Memiliki estetika yang mewah kulit menjadi pilihan elegan untuk sebagian orang. Namun ada beberapa kekurangan dari bahan kulit ini, untuk perawatannya sedikit merepotkan. Masalah umum pada jaket kulit adalah tumbuhnya jamur yang menyebabkan bau apek. Jamur tumbuh jika jaket kulit disimpan di tempat yang lembab dan gelap seperti lemari pakaian yang jarang dibuka. Berikut ini akan dibahas cara membersihkan jamur dari jaket kulit.

Memecahkan Masalah Kebersihan Barang Kulit

Gantung jaket kulit di luar. Membersihkan jaket di luar akan mencegah spora jamur menyebar di dalam rumah. Jika perlu, kenakan sarung tangan dan masker agar tidak menyentuh jamur secara langsung atau menghirup serpihan jamur. Hapus jamur dari jaket kulit menggunakan sikat lembut. Campurkan satu cangkir alkohol atau cuka dengan satu cangkir air. Ambil kain bersih dan basahi dengan larutan. Peras kelebihan cairan dari kain.

Uji solusinya dengan menggosokkannya pada bagian jaket yang tersembunyi. Jika warna jaket tidak luntur, Anda bisa melanjutkan proses pembersihan. Gosokkan kain yang dibasahi larutan di atas area berjamur. Larutan tersebut akan membunuh bakteri penyebab tumbuhnya jamur. Biarkan jaket mengering dengan sendirinya. Jika masih terdapat jamur yang ada, sebaiknya gunakan kain yang sudah diberi detergen lembut. Selanjutnya seka bagian jamur secara pelan dan lembut. Bersihkan detergen yang tersisa dengan kain bersih yang dibasahi air. Biarkan jaket kulit mengering dengan sendirinya dan biarkan mengering.

Membersihkan Barang Kulit Dengan Susu

Selain menyehatkan, susu juga efektif dalam membersihkan berbagai jenis barang berbahan kulit seperti sepatu, tas, atau jaket kulit. Susu adalah bahan murah yang mudah didapat dan tidak akan menghilangkan kandungan minyak alami kulit Anda. Untuk pembersihan optimal, pastikan hanya menggunakan susu pada kulit yang ternoda. Jangan mengoleskan susu ke seluruh bagian kulit. Pastikan juga untuk membersihkan sisa susu hingga bersih agar bau susu basi tidak timbul di kemudian hari. Berikut cara membersihkan kulit dengan susu.

Tuang 1 atau 2 cangkir susu cair utuh ke dalam mangkuk. Celupkan kain pembersih ke dalam susu sampai kain tersebut benar-benar lembab. Peras kain untuk menghilangkan kelebihan susu. Tempelkan kain pada item kulit yang terkena noda selama beberapa saat. Ini akan memberikan waktu agar susu terserap ke dalam pori-pori kulit. Hilangkan noda dengan menggosok kain dengan gerakan memutar yang lembut. Isi mangkuk kedua dengan air bersih. Ambil kain bersih lainnya dan celupkan ke dalam air. Peras kain untuk mengurangi kelebihan air. Pakailah kain tadi untuk membersihkan sisa cairan susu dari permukaan barang kulit. Setelah itu gunakan lap kering untuk mengeringkan kulit. Oleskan kondisioner kulit atau baby oil ke area yang dibersihkan untuk menjaga minyak alami kulit.

Tips Merawat Barang Kulit

Membersihkan kulit sebenarnya bukan pekerjaan yang rumit. Satu hal yang perlu diingat, barang-barang berbahan kulit (jaket, sarung tangan, sofa, dll) tidak boleh dibersihkan dengan cara merendamnya di air seperti saat mencuci pakaian biasa. Tempatkan sedikit sabun (sebaiknya sabun mandi yang melembabkan) di atas kain lembab. Gosokkan kain lembab ke kulit tanpa mengoleskan terlalu banyak air ke kulit. Seka busa dengan kain lembab bersih. Jangan bilas kulit dengan air. Selanjutnya, keringkan kulit dengan handuk kering. Gosok kulit dengan skin conditioner atau baby oil setelah benar-benar kering untuk menjaga kualitas kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *