Pembersihan Bak Mandi Untuk Mencegah Penyakit

Pembersihan Bak Mandi Untuk Mencegah Penyakit

Jasa Poles Marmer Jakarta – Bak mandi digunakan untuk menampung air yang digunakan untuk mandi. Beberapa orang telah meninggalkan penggunaan bak penahan air dan menggantinya dengan bak mandi, dimana mereka bisa mandi dengan masuk ke bak mandi dan berendam di dalamnya. Tujuan utama mandi pasti untuk membersihkan diri. Tentu tidak masuk akal, jika air dan tempat yang Anda gunakan untuk mandi atau membersihkan diri kotor dan menyimpan kuman atau kuman.

Pembersihan Bak Mandi Untuk Mencegah Penyakit

Karenanya, kebersihan bak mandi atau bathtub sangat penting untuk ketersediaan kamar mandi yang sehat. Membersihkan bathtub atau bathtub secara rutin sesering Anda menggunakannya untuk mandi adalah cara cerdas menjaga kebersihan kamar mandi. Ini adalah langkah membersihkan bak mandi atau bak mandi dengan benar.

  1. Bebaskan bathtub dari semua item perlengkapan mandi, aksesori, dll. Lalu mulai bersihkan item tersebut terlebih dahulu dengan sabun cuci piring, bilas, lalu keringkan. Jangan letakkan di tempat aslinya.
  2. Mulailah fokus membersihkan bak mandi di bagian dalam, dinding dan ubin lantai. Gunakan pembersih khusus sesuai bahan yang Anda gunakan sebagai pelapis dinding bak mandi dan lantai bak mandi. Setelah menyikat dengan air dan pembersih khusus, bilas dengan air, dinding bak dan ubin. Setelah menyelesaikan bagian dalam bak, lanjutkan dengan membersihkan bagian luar bak dan seluruh bak.
  3. Bersihkan saluran air. Hal ini seringkali terlupakan, padahal kawasan ini berpotensi menjadi tempat persembunyian kuman karena kondisinya yang selalu basah dan lembab serta tersembunyi. Untuk melakukan ini, tuangkan setengah cangkir soda kue ke saluran pembuangan dengan setengah cangkir cuka. Kemudian, biarkan selama beberapa menit dan tuangkan air panas ke atasnya.
  4. Rangkaian terakhir pembersihan adalah keran. Bagian ini juga sering dilupakan. Padahal kran (mulut kran) dan gagangnya merupakan bagian yang rawan kuman bersarang. Untuk melakukan ini, gunakan sabun cuci piring dan gosok area tersebut menggunakan sikat gigi yang tidak digunakan atau sikat pembersih kecil lainnya. Sikat area tersebut secara perlahan.
  5. Setelah semua bagian dibersihkan, akhiri pekerjaan ini dengan membilas semua bagian dengan air bersih hingga bersih. Pastikan tidak ada sabun atau pembersih lain yang masih menempel di bak mandi. Sebab, bisa mengiritasi kulit jika tidak dibersihkan dengan baik.

Trik Menjaga Kebersihan Bak Mandi

  • Pastikan Bak Mandi Selalu Kering

Setelah Anda mengosongkan air di bak mandi, jangan lupa untuk segera dilap agar bak mandi tetap kering. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama untuk menghindari munculnya noda kuning pada bak mandi. Cara termudah adalah dengan mengelap bak mandi dengan kain lembut yang kering seperti kain chamois misalnya.

  • Gunakan Jenis Pembersih Yang Sesuai

Apakah ada jenis pembersih khusus untuk bak mandi? Jawabannya tentu ada! Membersihkan bak mandi, Anda harus menggunakan jenis pembersih yang sesuai dengan bahannya agar hasilnya lebih optimal. Cara perawatan bathtub ini berlaku untuk semua jenis bathtub dengan bahan apapun. Misalnya, untuk bak mandi porselen, yang terbaik adalah menggunakan batu apung atau spons pembersih. Kemudian, untuk membersihkan bak mandi akrilik dan enamel, Anda bisa menggunakan sabun atau sampo yang tidak mengandung pemutih.

  • Hindari Memakai Pembersih Berbahan Keras

Sedemikian rupa sehingga Anda ingin bak mandi Anda terlihat sangat bersih dan berkilau, Anda mungkin berpikir untuk menggunakan bahan kimia pembersih. Jangan pernah mencoba merawat bak mandi dengan menggunakan cairan pembersih kimia. Bahan kimia keras dalam cairan pembersih justru akan meninggalkan lebih banyak noda membandel yang lebih sulit dibersihkan. Selain itu, tentunya bahan kimia yang keras tersebut akan semakin mengikis bak mandi dan membuatnya mudah rusak nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *