Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menerapkan Hidup Zero Waste

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menerapkan Hidup Zero Waste

Jasa Bersih Kantor – Belakangan ini gaya hidup zero waste semakin akrab dan kerap menjadi topik hangat mengisi timeline. Seiring dengan memburuknya masalah lingkungan kita, banyak aktivis zero waste yang dalam beberapa tahun terakhir ini giat mengolah dan mengkampanyekan gaya hidup rendah sampah ini. Tetapi banyak yang masih bertanya-tanya dan baru memulai. Untuk Anda yang masih belum paham yuk simak apa saja yang perlu Anda tau tentang gaya hidup zero waste ini.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menerapkan Hidup Zero Waste

Apa Konsep Zero Waste?

Tidak sedikit yang menyindir atau bahkan pesimis ketika mendengar istilah tersebut; Tanpa limbah? Nol sampah? Mustahil! Bagaimana mungkin manusia tidak menghasilkan sampah? Sebenarnya memiliki zero waste tidaklah seotopikal namanya. Istilah ini ditujukan untuk gaya hidup di mana kita sebisa mungkin mengurangi penggunaan bahan atau bahan yang mencemari lingkungan. Apalagi jika bahan ini hanya sekali pakai, seperti kantong plastik, sedotan plastik, cangkir kopi, dan rekan-rekannya. Namun perlu juga Anda ketahui bahwa zero waste bukan berarti mengkriminalkan barang-barang tersebut. Ini lebih kepada pengendalian diri kita yang konsumtif dan menyukai hal-hal praktis.

Mendaur Ulang Saja Kurang Efektif

Poin penting dalam zero waste adalah meminimalkan sampah dan tidak cukup hanya dengan mendaur ulang. Apalagi mengingat kapasitas daur ulang yang relatif rendah di negara kita. Zero waste harus diawali dengan menolak penggunaan bahan yang tidak ramah lingkungan, sulit terurai, dan tentunya sekali pakai. Menolak menggunakan benda yang berpotensi menjadi limbah dan mengurangi konsumsinya. Dan demi misi penolakan ini, Anda perlu menyiapkan alternatif. Carilah bahan pengganti yang lebih ramah lingkungan atau bisa diulang-ulang dan tahan lama. Misalnya membawa tas belanja sendiri, menggunakan wadah sendiri saat membeli makanan atau minuman untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, mengganti tisu dengan sapu tangan, menggunakan menspad / menscup sebagai pengganti pembalut, membuat bayi memakai clodi, dan lebih banyak.

Temukan Alasan Anda Sendiri

Karena zero waste merupakan gaya hidup, tentunya butuh proses. Bagi kita yang sudah terbiasa dengan kepraktisan yang ditawarkan bahan sekali pakai, zero waste bisa jadi sangat sulit dilakukan. Tapi bukan berarti tidak mungkin kan? Lakukan perlahan, tapi pasti. Hal-hal yang bisa Anda lakukan di awal, seperti meningkatkan literasi, mengupdate informasi tentang betapa menyedihkan masalah lingkungan kita. Manfaatkan juga media sosial Anda, khususnya Instagram dan Facebook.

Sudah banyak akun yang bisa Anda akses untuk lebih memahami tentang zero waste ini. Ekspos sebanyak mungkin pikiran Anda dengan hal-hal terkait isu lingkungan dan zero waste, sembari perlahan terapkan tips gaya hidup nihil yang sudah Anda ketahui. Tidak harus sekaligus. Mulailah dari apa yang Anda bisa. Temukan alasan bagus untuk tidak membuang-buang. Lama-kelamaan Anda akan terinspirasi untuk terus melakukannya sendiri dan pada akhirnya akan menjadi kebiasaan positif Anda.

Memanfaatkan Barang Yang Ada

Berbicara tentang memulai zero waste, tidak masalah jika Anda tidak membahasnya; manfaatkan barang yang sudah kamu miliki. Beberapa dari kita mungkin berpikir untuk membeli barang baru untuk mendukung gaya hidup bebas sampah. Harus punya tas belanja, harus siapkan ember sendiri, harus punya tumbler yang sesuai dengan kepribadian, harus punya stensil atau sedotan bambu, intinya ga nihil buangan kalo ga punya nol lengkap kit limbah. Anda mungkin membutuhkan semua peralatan tetapi Anda tidak harus membelinya.

Manfaatkan barang yang Anda miliki atau mudah didapat di sekitar Anda tanpa harus membeli. Bisa pakai baju bekas, jaman sekarang jadi tas belanjaan, banyak tutorialnya, tidak sulit juga. Bisakah Anda menggunakan botol dan botol yang sudah ada, Anda tidak perlu membeli yang custom dan trendy. Karena tujuan kami adalah mengurangi sampah. Jika Anda tidak memiliki stensil atau sedotan bambu, segera minum. Padahal, lebih aman dan sehat, setidaknya Anda telah meminimalisir kemungkinan masuknya kotoran atau mikroorganisme pada jerami. Bukan berarti Anda tidak bisa membelinya. Selama masih memiliki barang yang bisa digunakan, kenapa harus membelinya. Jika Anda akhirnya menganggur, itu juga menjadi sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *