Mengulik Fakta Mengenai Hari Cuci Tangan Sedunia

Mengulik Fakta Mengenai Hari Cuci Tangan Sedunia

Jasa Poles Marmer Jakarta – Cuci tangan pakai sabun adalah salah satu kegiatan kebersihan yang paling digalakkan tahun ini. Bukan tanpa alasan cuci tangan pakai sabun menjadi salah satu cara efektif melindungi kita dari pandemi virus Covid-19 saat ini. Tepatnya pada tanggal 15 Oktober 2020, seluruh dunia juga memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia. Peringatan ini tidak langsung muncul karena pandemi Covid-19, melainkan sudah ada selama 12 tahun.

Mengulik Fakta Mengenai Hari Cuci Tangan Sedunia

Mencuci tangan pakai sabun memang langkah sederhana, tapi sering kali diremehkan. Itulah sebabnya Perserikatan Bangsa-Bangsa dan berbagai organisasi di seluruh dunia sangat mendukung Hari Cuci Tangan Sedunia ini. Dengan adanya Hari Cuci Tangan Sedunia ini, diharapkan seluruh dunia semakin sadar akan pentingnya mencuci tangan. Nah kali ini kami akan berbagi fakta tentang Hari Cuci Tangan Sedunia.

Sudah Ada Sejak Tahun 2008

Awal mula dari Hari Cuci Tangan Sedunia ini yaitu dari tahun2008. Pada tahun 2008, Global Handwashing Partnership (GHP) bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mencuci tangan pakai sabun. Dengan adanya edukasi ini diharapkan jumlah penderita diare, penyakit saluran pernafasan, dan kematian semakin berkurang. Sebelum 15 Oktober 2008, GPH telah memprakarsai kampanye cuci tangan global dalam acara Pekan Air Dunia tahunan di Stockholm, Swedia. Nah, Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober lalu ditetapkan di Sidang Umum PBB.

Perayaan Dengan 120 Juta Anak

GPH sendiri dulu disebut sebagai Global Public-Private Partnership for Handwashing (PPPHW). Perayaan global yang diadakan oleh PPPHW pada tahun 2008 ini dihadiri oleh lebih dari 120 juta anak lebih dari 70 negara. Mereka berdua berpartisipasi dalam kampanye tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun.

Memperoleh Berbagai Dukungan

Sejak dibuat oleh PBB pada tahun 2008, Hari Cuci Tangan Sedunia tentu saja memperoleh dukungan dari berbagai pihak. Apalagi 2008 juga merupakan Tahun Sanitasi Internasional. Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia didukung oleh sejumlah organisasi di seluruh dunia, seperti UNICEF, Unilever, Procter & Gamble, dan tentunya pemerintah.

Memiliki Tema Berbeda Setiap Tahun

Nah ternyata Hari Cuci Tangan Sedunia mempunyai tema yang berbeda setiap tahunnya. Sedangkan untuk tahun ini memiliki tema yang berkaitan dengan pandemi Covid-19. Tem tersebut adalah”Hand Hygiene for All”. Pemilihan tema ini juga didasarkan pada WHO yang menemukan bahwa sekitar 40% penduduk dunia tidak memiliki fasilitas cuci tangan pakai sabun di rumahnya. Dari jumlah tersebut kebanyakan berasal dari negara miskin dan lokasi yang memiliki risiko tinggi penularan penyakit. WHO sendiri menyebut sekitar 1 miliar orang rentan tertular virus Corona jika tidak mempunyai akses cuci tangan yang layak. Melalui tema ini, diharapkan berbagai pihak di seluruh dunia dapat saling mendukung untuk membangun sarana cuci tangan pakai sabun yang baik.

Efek Negatif Jika Tidak Mencuci Tangan

Jujur saja, sebelum pandemi ini, apakah Anda rajin cuci tangan pakai sabun? Ingat, mencuci tangan dengan sabun tidak hanya untuk mencegah Anda terkena virus. Tetapi juga bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Berikut ini daftar penyakit yang bisa muncul akibat malas mencuci tangan pakai sabun:

  1. Infeksi Bakteri Salmonella

Bakteri salmonella dapat berpindah dari makanan dan benda kotor di tubuh melalui tangan jika kita tidak mencuci tangan dengan sabun. Bakteri ini bisa menyebabkan mual, muntah, keringat dingin, dan diare.

  1. Infeksi Bakteri E. coli

Bakteri E. coli merupakan penyebab utama seseorang terkena diare. Bakteri ini biasanya terdapat pada kotoran manusia dan dapat dengan mudah berpindah dari satu tangan ke tubuh lainnya jika kita tidak mencuci tangan dengan sabun setelah ke toilet.

  1. Penyakit Tifus

Tifus atau demam tifoid disebabkan oleh bakteri yang ada pada makanan. Selain makanan air yang terkontaminasi juga bisa menjadi penyebabnya. Oleh karena itu sangat penting menjaga kebersihan, termasuk mencuci tangan pakai sabun sebelum makan dan setelah beraktivitas.

  1. Terinfeksi Cacing

Cacingan merupakan penyakit lain yang bisa muncul akibat kemalasan dalam mencuci tangan pakai sabun. Telur cacing bisa hinggap di kuku kita yang kotor dan masuk ke tubuh saat makan saat malas cuci tangan. Cacing ini akan menghisap darah dan nutrisi dalam tubuh sehingga penderitanya bisa kurang gizi, anemia, bahkan menurunkan kecerdasan. Itu sebabnya kita harus rajin cuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *