Udara Lembab Penyebab Jamur Dimusim Hujan

Udara Lembab Penyebab Jamur Dimusim Hujan

Jasa Poles Marmer Jakarta – Langit mendung dan suara gemericik air membuat musim hujan menyenangkan bagi seseorang. Meski banyak yang menikmatinya, tak sedikit juga lho, orang merasa kesulitan saat musim hujan. Apalagi bagi mereka yang dinding rumahnya sudah berjamur di musim ini. Jamur pada dinding yang tumbuh subur karena kelembaban yang tinggi pada musim hujan. Ini memang masalah yang merepotkan bagi sebagian orang.

Udara Lembab Penyebab Jamur Dimusim Hujan

Walaupun memang masalah seperti ini tidak terlalu serius jika dibandingkan dengan masalah lain di musim hujan seperti contohnya banjir. Tidak bisa dipungkiri, keberadaan jamur di dinding rumah cukup mengganggu. Selain tidak sedap dipandang, tumbuhnya jamur di dinding juga terkesan kotor dan kurang baik bagi kesehatan penghuni rumah. Oleh karena itu, masalah ini harus segera diatasi. Bagi Anda yang mengalami masalah ini, Rukita ingin memberi tahu Anda beberapa cara mengatasi dinding berjamur. Simak detailnya di bawah ini.

Kenali Bagian-bagian Bangunan Yang Lembab

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi dinding berjamur adalah dengan mengidentifikasi bagian bangunan yang lembap sebagai penyebab tumbuhnya jamur. Selain karena faktor cuaca, munculnya jamur juga bisa disebabkan oleh retakan atau retakan pada lantai atau dinding sebagai tempat masuknya air hujan. Karena itu, periksa atap bangunan secara teratur. Serta talang dan pipa yang terhubung ke air. Pengurasan AC yang bocor ke berbagai tanaman yang tumbuh dekat dengan dinding juga bisa menjadi penyebab timbulnya kelembaban dan jamur pada dinding. Setelah mengetahui sumber masalahnya dengan pasti, kini Anda bisa mempersiapkan diri untuk menangani jamur di dinding dengan cara yang tepat dan efektif.

Gunakan Cairan Fungisida

Jika Anda pernah melihat jamur tumbuh di dinding kamar atau rumah Anda, sebaiknya segera gunakan fungisida atau antijamur pada bagian dinding yang berjamur. Pastikan Anda membersihkan permukaan dinding terlebih dahulu sebelum menyemprot atau mengoleskan larutan antijamur (fungisida) ke area tersebut. Cairan fungisida dapat membantu Anda menghilangkan jamur yang telah tumbuh dan juga dapat digunakan pada dinding bebas jamur untuk tindakan pencegahan. Nah, Anda juga bisa mengambil langkah selanjutnya untuk mengurangi kelembapan yang menyebabkan tumbuhnya jamur untuk pencegahan yang optimal.

Lakukan Waterprofing

Kelembaban pada musim hujan dapat disebabkan adanya pori-pori pada dinding yang memungkinkan air hujan dari luar masuk dengan mudah atau biasa disebut rembesan. Jika tidak ada retakan atau celah pada dinding Anda, Anda hanya perlu memberikan waterproofing atau waterproofing pada dinding menggunakan cat dinding waterproof. Beda dengan cat tembok biasa ya, cat tembok waterproof biasanya digunakan sebagai cat dasar karena kemampuannya untuk menutup pori-pori dinding dengan sempurna. Nah, setelah waterproofing Anda bisa langsung mengecat ulang dinding untuk tampilan dan perlindungan maksimal.

Lakukan Pengecatan Ulang

Meski sudah melakukan waterproofing, sebaiknya tetap mengecat ulang dinding. Hal ini dengan sendirinya karena cat waterproofing hanya bertujuan untuk menutupi pori-pori pada dinding, namun tidak mampu melindungi dinding dari pengelupasan atau keretakan yang disebabkan oleh faktor cuaca. Karena itu, pastikan Anda segera mengecat ulang setelah waterproofing menggunakan cat tembok berteknologi tahan cuaca. Bisa dipastikan setelah ini dinding bangunan Anda akan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, polusi udara, bahkan bebas kelembaban dan jamur.

Menggunakan Alat Dehumidifier

Menanam tanaman indoor atau berbagai aktivitas lain yang berhubungan dengan air di rumah juga bisa menimbulkan kelembapan yang menimbulkan jamur pada dinding, lho. Hal ini biasanya dialami oleh bagian bangunan dengan sirkulasi udara atau penerangan dan jendela yang tidak memadai. Jika Anda mengalami masalah kelembapan seperti ini, Anda dapat memperbaikinya dengan mudah menggunakan dehumidifier. Namun alat ini memiliki harga yang cukup tinggi. Jadi sebaiknya pertimbangkan matang-matang sebelum membelinya. Karena mungkin memperbaiki sirkulasi udara di dalam ruangan bisa menjadi pilihan yang lebih murah dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *