Tips Tepat Membersihkan Sepeda

Tips Tepat Membersihkan Sepeda

Jasa Bersih Kantor – Sepeda Anda adalah kumpulan bagian yang bergerak. Saat terkena lumpur, kotoran dan puing-puing, bagian-bagian ini mulai rusak. Jadwal perawatan rutin (bulanan, mingguan atau lebih sering tergantung pada jenis bersepeda Anda) penting. Jika Anda menghabiskan banyak waktu bersepeda dalam kondisi basah dan berlumpur, atau jika Anda bersepeda dengan keras, cepat dan sering, rencanakan untuk lebih sering membersihkan sepeda.

Menjaga bagian-bagian sepeda Anda dibersihkan dan dilumasi dengan benar sangat penting untuk performa yang baik. Pelumasan melindungi komponen bergerak dari keausan berlebihan yang disebabkan oleh gesekan, mencegahnya “membeku”, dan membantu mencegah karat dan korosi.

Berhati-hatilah. Pelumasan berlebihan dapat menyebabkan kinerja yang buruk dan kerusakan komponen (pelumas berlebih akan menarik kotoran dan partikel abrasif lainnya). Sebagai aturan umum, pelumas yang berlebihan harus selalu dibersihkan dengan hati-hati sebelum sepeda dikendarai.

Taat melumasi sejumlah bagian sekaligus, ingatlah urutan pemakaian pelumas tersebut. Menyeka kelebihan pelumas dengan urutan yang sama akan memberi waktu pelumas untuk meresap.

 

Tips Tepat Membersihkan Sepeda

 

 

Perlengkapan Untuk Pembersih Sepeda
Item sederhana ini membahas sebagian besar tugas pembersihan dan lubing:

-Kain bersih
Siapkan banyak bahan ini untuk tugas yang berhubungan dengan minyak, minyak, dan lilin, serta untuk pembersihan dan pengeringan umum.

-Kuas
Memiliki beberapa ukuran dan bentuk untuk dimasukkan ke tempat yang sulit dijangkau untuk menghilangkan kotoran yang tidak bisa didapat dengan pembilasan saja. Sikat gigi bekas bekerja dengan baik.

-Air
Jika digunakan dengan hati-hati, air bisa menjadi alat yang berguna, tapi hati-hati di sini. Air, terutama jika berasal dari selang bertekanan tinggi, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem bantalan sensitif di seluruh sepeda Anda.

-Sabun / pembersih umum
Gunakan sabun pencuci piring yang telah diencerkan atau pembersih sepeda yang telah diformulasi sebelumnya untuk membersihkan rangka.

-Degreaser
Degreaser khusus sepeda (hindari minyak tanah atau terpentin) akan membersihkan bagian-bagian yang bergetah seperti rantai sepeda Anda. Pilih pelarut yang mudah bagi lingkungan (dan Anda). Buang semua pelarut dengan benar.

-Pelumas rantai
Melumasi rantai dengan benar membantu memperpanjang umur drivetrain Anda. Selalu gunakan oli pelumas khusus sepeda ke rantai yang bersih.

-Ada dua jenis pelumas
basah atau kering. Pelumas basah paling baik digunakan saat Anda akan berkendara dalam kondisi basah. Bahan ini sangat melekat pada drivetrain dan kecil kemungkinannya untuk dibilas saat hujan. Meskipun demikian, kotoran dan pasir juga akan menempel, jadi pastikan untuk menyeka pelumas yang berlebih.

Pelumas kering unggul di lingkungan yang kering. Kotoran dan pasir tidak terlalu menempel pada pelumas kering, tetapi pelumas kering tidak mudah terbilas jika Anda berkendara di tengah hujan.

-Dudukan sepeda
Ini memungkinkan Anda untuk memosisikan sepeda pada ketinggian yang nyaman saat Anda mengerjakannya. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk memutar pedal atau melepas roda sehingga Anda dapat membersihkan semua bagian yang bergerak dan sulit dijangkau.

Bagian-Bagian Yang Harus Dibersihkan 

Sebagian besar komponen sepeda kotor dapat dibersihkan dengan menyekanya secara hati-hati menggunakan lap basah atau kering. Komponen lain memerlukan penyikatan, penggosokan, dan pelumasan ulang sesekali.

Mencuci sepeda dengan selang bertekanan tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada sistem bantalan sensitif di seluruh sepeda Anda. Jadi, saat mencuci dengan air, lakukan dengan hati-hati.

Membersihkan sepeda Anda terdiri dari empat langkah utama:

-Cuci rangka sepeda Anda
-Bersihkan dan lumasi rantai Anda
-Lumasi tuas rem dan pemindah gigi Anda
-Lumasi kabel rem / pemindah gigi dan perangkat rem / pemindah gigi Anda

Drivetrain Anda (cincin rantai depan, kaset belakang, pemindah gigi belakang, dan rantai) layak mendapatkan perhatian yang paling sering, jadi tonton video kami untuk beberapa instruksi yang berguna.

-Rangka sepeda
Gunakan seember air sabun hangat dan sikat untuk membersihkan kotoran dan kotoran dengan lembut. Bekerja dari atas ke bawah, membersihkan setang, headset, top tube, tiang jok, seatstays, garpu depan dan rem. Jika Anda memiliki rem cakram, jauhkan sabun dari rotor dan bantalan rem. Anda dapat menggunakan pembersih rotor tertentu atau alkohol gosok untuk membersihkan rotor. Akhiri dengan menggosok chainstays, chain ring, engkol dan roda penggerak. Sekarang gunakan seember air bersih dan sikat untuk membilas semua bagian dengan urutan yang sama saat Anda membersihkannya. Lanjutkan dengan mengeringkan sepeda secara menyeluruh dengan beberapa kain lap bersih dan kering.

-Rantai
Rantai Anda adalah bagian terlumasi yang paling “berisiko” pada sepeda Anda. Bersihkan dan lumasi secara berkala untuk memperlambat laju keausan rantai.

Untuk membersihkan rantai yang tidak memiliki terlalu banyak kotoran, cukup gunakan lap dan penghilang minyak. Untuk rantai yang benar-benar kotor, Anda mungkin ingin menggunakan alat pembersih rantai, yang lebih teliti dan tidak berantakan.

Setelah degreaser mengering, oleskan tetes pelumas secara perlahan ke rantai, ambil beberapa di setiap mata rantai. Biarkan pelumas mengering, lalu bersihkan sisa pelumas agar tidak menarik lebih banyak kotoran.

Secara umum, lumasi rantai Anda setiap kali rantai berderit atau tampak “kering”. Pelumasan setelah perjalanan basah akan membantu menjaga rantai Anda dari karat.

-Tuas rem dan pemindah gigi
Setelah mencuci sepeda, berikan satu atau dua tetes pelumas ke poros tuas dan pengatur barel secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik.

-Rakitan rem dan pemindah gigi
Ini terdiri dari sejumlah bagian kecil yang bergerak. Awasi lengan, roda, dan katrolnya agar tidak mengikat atau menjadi kaku. Oleskan pelumas ke titik pivot. Berhati-hatilah untuk menjauhkan pelumas dari bantalan rem Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *