Tips & Trik Menghilangkan Noda Daging Pada Kain

Tips & Trik Menghilangkan Noda Daging Pada Kain

GreenClean.id – Apakah Anda menyukai steak yang berair, daging panggang dalam panci, atau patty daging giling sederhana, keserbagunaan daging sapi dan semua daging merah seperti domba, daging rusa, dan bison dapat menghasilkan banyak noda berbeda pada pakaian. Menghilangkan noda dengan cara yang benar dan berhasil tergantung pada apakah daging itu mentah atau bagaimana cara mengolahnya. Berikut tips pembersihannya sesuai jenis pakaian antara lain :

 

 

Tips & Trik Menghilangkan Noda Daging Pada Kain

 

 

Pakaian yang Bisa Dicuci
Jika daging merah mentah dan dijatuhkan di atas kain, buang semua padatannya lalu obati noda tersebut seperti noda darah. Sesegera mungkin, basuh area yang bernoda dengan memegang bagian yang salah tepat di bawah keran air dingin yang mengalir untuk memaksa darah keluar dari serat. Jangan pernah menggunakan air panas karena dapat memasak protein dalam darah yang mengikatnya ke serat kain dan membuat noda lebih sulit dihilangkan. Setelah dibilas, cuci sesuai anjuran pada label perawatan.

Daging merah yang telah dimasak biasanya menghasilkan noda berminyak dari lemak yang dihasilkan. Bahkan daging merah tanpa lemak seperti bison masih akan menghasilkan noda berminyak. Jika ada daging matang yang jatuh ke kain, gunakan pisau atau sendok tumpul untuk mengangkat bahan padat dari kain. Kemudian bersihkan noda dengan handuk kertas putih biasa atau serbet untuk menyerap minyak sebanyak mungkin. Jika Anda memiliki sedikit tepung maizena atau bedak talk, taburkan pada noda untuk membantu menyerap minyak. Bahkan sepotong roti tawar bisa menyerap minyak hingga Anda bisa mencuci pakaian atau taplak meja.

Noda berminyak membutuhkan penggunaan penghilang noda berbahan dasar pelarut. Jika Anda tidak memiliki penghilang noda berbahan dasar pelarut, gunakan deterjen cair tugas berat seperti Tide atau Persil (ini adalah merek berkinerja tinggi terkemuka yang mengandung enzim yang diperlukan untuk memecah molekul minyak) langsung ke noda, dan kerjakan dengan menggosokkan kain secara lembut menggunakan jari-jari Anda atau menggunakan sikat gigi bekas yang lembut. Biarkan penghilang noda bekerja pada noda setidaknya selama 10 hingga 15 menit, lalu cuci sesuai anjuran pada label perawatan menggunakan air terpanas yang disarankan.

Tentu banyak noda yang disebabkan oleh daging merah merupakan noda kombinasi karena cara pemasakan yang digunakan, resep, dan bahan tambahan. Anda harus mengikuti tip khusus untuk menghilangkan saus, saus BBQ, saus keju, atau saus steak.

Pakaian Hanya Kering-Bersih
Jika pakaian diberi label dry-clean-only, singkirkan padatan dengan mengangkat dari kain menggunakan pisau tumpul, tepi sendok, atau bahkan tepi kartu kredit. Selanjutnya, bersihkan noda dengan kain putih kering atau handuk kertas. Sesegera mungkin, menuju ke layanan pembersih kering dan tunjukkan serta kenali noda tersebut ke pembersih profesional Anda. Pastikan untuk menyebutkan jika ada saus atau bahan tambahan yang terlibat.

Jika noda kecil dan Anda memilih untuk menggunakan perangkat dry cleaning rumahan, pastikan untuk membersihkan noda dengan penghilang noda yang disediakan sebelum memasukkan pakaian ke dalam kantong pengering.

Karpet
Jika daging mentah atau matang mengenai karpet, buang semua makanan padat secepat mungkin. Segera bersihkan noda dengan kain putih biasa atau handuk kertas untuk menyerap minyak atau darah.

Sesegera mungkin, campurkan larutan 1 sendok teh cairan pencuci piring tangan dan 2 cangkir air hangat. Gunakan spons atau sikat berbulu lembut untuk mengoleskan larutan pada noda. Mulailah dari tepi luar dan teruskan ke tengah agar noda tidak menyebar. Gunakan kain putih atau handuk kertas untuk menghilangkan noda saat terangkat dari serat.

Selanjutnya, gunakan spons untuk “membilas” area bernoda dengan air biasa. Jika Anda meninggalkan sisa sabun pada serat karpet, maka akan menarik tanah. Terus bersihkan dengan kain putih bersih sampai tidak ada lagi sabun yang tersisa. Biarkan area tersebut mengering dengan sendirinya dari panas langsung atau sinar matahari, lalu vakum untuk mengangkat serat karpet.

Tip pembersihan yang sama yang direkomendasikan untuk karpet dapat digunakan untuk menghilangkan noda daging dari kain pelapis. Berhati-hatilah saat membersihkan agar tidak membasahi kain. Kelembaban yang berlebihan pada bantal dapat menyebabkan masalah.Jika kain pelapisnya sutra atau vintage, hubungi pembersih jok profesional.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *