Tips Mengatasi Noda Oli Pada Lantai Beton

Tips Mengatasi Noda Oli Pada Lantai Beton

GreenClean.id – Pernah mengganti oli pada mesin pemotong rumput (atau lebih buruk lagi, mobil Anda) dan oli lama entah bagaimana meleset dari panci dan sekarang berada di jalan masuk atau lantai garasi Anda? Jalan masuk atau garasi yang paling banyak digunakan pada akhirnya akan terkena noda oli, meskipun Anda dapat meminimalkan kerusakan dengan menahan dan merendam oli segera setelah tumpah. Lanjutkan dengan merawat area noda dengan pembersih yang kuat — lebih cepat lebih baik. Tetapi bahkan jika Anda memiliki noda minyak dalam yang disebabkan oleh tetesan minyak yang lambat dan bertahap pada beton Anda, sering kali noda tersebut dapat dihilangkan hampir seluruhnya dengan menggunakan beberapa metode.Jika bisa, segera bersihkan noda oli pada beton setelah Anda melihatnya. Jika tidak praktis, pembersihan tahunan menyeluruh, termasuk menghilangkan noda oli, dapat menjadi bagian dari rutinitas perawatan Anda. Berikut tipsnya :

-Handuk kertas atau kain lap
-Sabun pekat
-Sikat nilon yang kaku
-Selang taman

 

Tips Mengatasi Noda Oli Pada Lantai Beton

 

 

1. Cara Menghilangkan Noda Minyak Menggunakan Sabun Pekat
Sabun yang tepat dengan konsentrasi yang tepat bisa menjadi pembersih noda minyak yang ajaib — bersama dengan scrub yang serius. Satu sabun yang benar-benar akan menghilangkan minyak dari beton adalah Konsentrat Multi-Permukaan Hari Bersih dari Mrs. Meyer. Ini adalah sabun cair berbahan alami yang dijual dalam botol 32 ons besar dan biasanya diencerkan untuk pembersihan rumah tangga umum. Sabun alami lainnya juga bisa digunakan, tetapi produk apa pun harus digunakan dalam bentuk terkonsentrasi saat membersihkan noda minyak. Dengan kekuatan penuh, konsentrasi Mrs. Meyer adalah bahan yang kuat, dan uapnya dapat menyebabkan mata pengguna sedikit perih.

-Rendam secepatnya

Mulailah mengatasi noda minyak baru dengan menyeka minyak sebanyak mungkin dengan handuk kertas atau kain perca. Letakkan handuk di atas tumpahan, biarkan minyak meresap selama beberapa detik, lalu angkat dan buang handuk. Jangan mencoba menggosok minyak “keluar” karena hanya akan menggosoknya lebih dalam atau menyebar ke sekeliling.

-Oleskan Sabun dan Gosok Noda

Oleskan sabun pekat dengan kekuatan penuh langsung ke noda. Lalu, gosok kuat-kuat dengan sikat nilon kaku, seperti sikat bak dengan pegangan yang kuat.

-Bilas dan Ulangi

Bilas area dengan selang taman dan nosel, gunakan aliran yang kuat, jika memungkinkan. Ulangi satu atau dua kali, dan kemungkinan noda akan hilang. Ketika air bilasan tidak ada lagi butiran atau “pelangi” pada permukaan beton, maka minyak akan hilang.

2. Metode Kotoran Kucing
Jika noda minyak cukup besar, mulailah dengan menaburkan kotoran kucing penyerap yang tidak mahal pada noda tersebut, pastikan untuk menutupinya secara menyeluruh. Hancurkan dan hancurkan serasah menjadi noda minyak dengan kaki Anda. Biarkan kotoran kucing selama satu jam untuk menyerap minyak, lalu sapu dan buang.

Untuk noda yang sangat berat, biarkan kotoran kucing semalaman setelah dihancurkan, lalu sapu. Cuci area tersebut dengan sabun deterjen heavy-duty (atau sesuatu seperti Mrs. Meyer) dan sikat kaku, lalu bilas. Ulangi seperlunya.

3. Menggunakan TSP
Tambahkan 1 cangkir TSP bebas fosfat (trisodium fosfat), juga disebut “TSP-PF”, ke dalam satu galon air panas, dan aduk rata.Mengenakan pelindung mata dan sarung tangan karet, tuangkan TSP ke noda minyak dan biarkan meresap selama 20 hingga 30 menit. Lalu, gosok dengan sikat nilon yang kaku, dan bilas dengan selang. Ulangi sesuai kebutuhan.

4. Dengan Minyak Pengencer Cat dan Serbuk Gergaji
Campur serbuk gergaji dengan tiner cat hingga lembab, lalu oleskan serbuk gergaji yang sudah dibasahi ke atas noda. Biarkan meresap ke dalam noda minyak selama 20 menit. Sapu serbuk gergaji dan ulangi, jika perlu. Ini bisa menjadi langkah awal yang baik untuk noda minyak berat, diikuti dengan pembersihan dengan deterjen pekat.

5. Dengan Memakai Pembersih Noda Minyak Mikroba
Anda juga dapat menggunakan pembersih noda minyak mikroba yang dapat terurai secara hayati, seperti EATOILS BT200 ™, yang menggunakan mikroorganisme untuk benar-benar memakan minyak dan lemaknya. Untuk area yang luas, oleskan larutan dengan penyemprot pompa dan tunggu sampai menghabiskan minyak. Ini mungkin membutuhkan waktu 24 jam penuh untuk noda serius. Setelah larutan melarutkan minyak, area tersebut dapat dibersihkan dengan sabun dan air.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *