Tips Tepat Mengatasi Jenis-Jenis Noda Lem Pada Kain

Tips Tepat Mengatasi Jenis-Jenis Noda Lem Pada Kain

GreenClean – Setiap rumah tangga secara teratur menggunakan lem dan perekat untuk mengikat bahan menjadi satu atau untuk memperbaiki barang yang rusak. Ada banyak jenis lem dan perekat dari lem putih sekolah sederhana hingga semen karet. Beberapa perekat, seperti perekat komersial, lem kuku, dan sisa stiker, lebih sulit dihilangkan daripada yang lain karena komposisi perekat. Lihatlah delapan perekat berbeda dan apa yang diperlukan untuk melepaskannya dari pakaian dan karpet.

Sering kali, lem dan perekat dapat dilepas dari pakaian dan karpet yang bisa dicuci. Namun jika ada jenis lem yang menempel pada pakaian yang berlabel “hanya dry clean”, temui pembersih kering profesional dan tunjukkan noda tersebut untuk mendapatkan hasil terbaik.

Dalam kebanyakan kasus untuk semua perekat dan metode pembersihan ini, jika noda masih ada, ulangi metode tersebut. Setelah noda hilang, cuci pakaian seperti biasa. Pastikan Anda tidak memasukkan pakaian ke dalam pengering sampai noda benar-benar hilang. Berikut tipsnya :

 

Tips Tepat Mengatasi Jenis-Jenis Noda Lem Pada Kain

 

 

1. Lem Komersial
Alat yang dibutuhkan :
-Peralatan / Alat
Pisau tumpul atau pengikis plastik

Bahan
– Freezer atau kantong es
-Hilang pelarut atau noda
-Detergen tugas berat

Langkah-langkahnya :
Perekat komersial, kadang disebut perekat konstruksi, bisa sangat sulit dilepaskan dari pakaian atau bahan. Jika Anda berantakan atau rawan kecelakaan, belilah penghilang perekat atau pelarut pada saat yang sama Anda membeli perekatnya.

Menghilangkan Lem Komersial
-Biarkan Perekat Mengering
Biarkan perekat mengering pada kain atau karpet sebelum Anda mencoba melepaskannya. Jangan mencoba untuk menghapusnya. Menyeka perekat basah hanya akan mendorong perekat lebih dalam ke serat.

-Hapus Lem Berlebih
Gunakan ujung pisau tumpul atau pengikis plastik untuk menghilangkan gumpalan lem yang berlebihan, lalu biarkan area tersebut mengering.

-Bekukan Area yang Terkena Dampak
Tempatkan kain di dalam freezer selama satu jam. Setelah lem membeku, Anda biasanya bisa mematahkan sebagian besar lem dari kain.

-Rawat Dengan Penghilang Noda
Jika masih ada noda, bersihkan area tersebut dengan pelarut atau penghilang noda.

2. Lem Kuku
Lem kuku tiruan pada dasarnya rumus kimianya sama dengan lem super. Bahan utamanya adalah cyanoacrylate, resin akrilik yang mengering hampir seketika. Jika terjadi tumpahan pada kain dan karpet, jangan panik dan jangan mengelap lemnya — Anda hanya akan menyebarkannya. Biarkan lem mengering sebelum Anda mencoba menghilangkannya.

Yang diperlukan :

– Penghapus cat kuku berbahan dasar aseton
– Penyeka kapas
– Soda pembersih atau deterjen cucian tugas berat
– Air (untuk karpet)
– Detergen pencuci piring cair (untuk karpet)
– Cuka putih suling (untuk karpet)
– Kain putih, handuk kertas atau spons (untuk karpet)

Alat
-Pisau dapur kusam

Menghilangkan Lem Kuku Dari Kain
Celupkan kapas ke dalam penghapus cat kuku berbahan dasar aseton (penghilang etil asetat yang lebih lembut tidak akan berhasil). Ujilah pada jahitan kecil bagian dalam untuk memastikan penghapus cat kuku tidak merusak atau mengubah warna kain atau karpet.

-Kerjakan dari luar noda ke dalam, oleskan lem yang sudah mengeras dengan kapas, biarkan kapas menempel di lem selama satu atau dua menit.

-Gunakan pisau dapur tumpul untuk mengikis lem yang lepas. Anda mungkin perlu mengulangi proses ini beberapa kali saat lem sudah terangkat.

-Jika Anda merasa semua lem telah hilang dari kain yang dapat dicuci, rawat area tersebut dengan penghilang atau sedikit detergen cucian tugas berat (Tide atau Persil) dan cuci sesuai dengan petunjuk label perawatan kain.

-Periksa noda sebelum meletakkan pakaian di pengering; Anda mungkin perlu mundur jika noda masih ada. Mengeringkan dengan api besar akan membuat noda tidak bisa dihilangkan.

3. Lem Bening

Lem bening adalah produk kombinasi, menggabungkan lem putih “sekolah” sederhana dengan pewarna dan kilau yang dapat membuat noda semakin sulit dihilangkan.

Yang diperlukan :
-Air dingin
-Pemutih berbahan dasar oksigen
-Detergen pakaian biasa
-Kain putih, handuk kertas, atau spons (untuk karpet)

Alat
-Pisau tumpul atau pengikis plastik keras

Cara Menghilangkan Lem Bening Dari Kain
Teknik untuk menghilangkan lem glitter dari kain yang bisa dicuci berbeda-beda, tergantung pada apakah lem basah atau sudah kering. Lihat instruksi di bawah.

-Hapus Lem Berlebih
Jika lem sudah kering, gunakan pisau tumpul atau tepi kartu kredit plastik untuk menghilangkan lem kering sebanyak mungkin, kemudian lakukan perawatan dengan mengikuti langkah selanjutnya, yang digunakan untuk lem basah.

-Rendam Dengan Air Dingin
Mulailah dengan membanjiri area dengan air dingin. Lem putih adalah noda protein dan air panas dapat memasak protein dan membuatnya lebih sulit dihilangkan.

-Buat Solusi Pemutih
Selanjutnya, campurkan larutan pemutih berbasis oksigen (seperti OxiClean, All Natural Oxygen Brightener, atau OXO Brite dari Nellie) dan air dingin, mengikuti petunjuk kemasan.

-Biarkan Garmen direndam
Rendam pakaian seluruhnya dan biarkan terendam setidaknya selama delapan jam. Langkah ini akan menghilangkan komponen pewarna.

-Cuci atau Ulangi Langkah Menghilangkan Noda
Jika setelah direndam, noda sudah hilang, cuci seperti biasa. Jika tetap ada, campurkan larutan baru dan ulangi.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *